Sabtu, 26 Juli 2014

MOTIVASI



MOTIVASI

“Gak selamanya mutiara –mutiara yang berkilau indah berada di satu kotak yang sama”

Kata-kata itu tiba-tiba terlintas dipikiran gue sesaat sebelum gue berniat membuat tulisan ini, dan akhirnya gue beranikan diri untuk membuka laptop dan membuat tulisan ini. Tulisan ini gue persembahkan buat kalian para mahasiswa baru yang saat ini akhirnya berkuliah di universitas yang sebenarnya bukan pilihan hati atau cita-cita kalian.
Selamat datang gue ucapkan kepada kalian para mahasiswa baru, selamat berganti status dari siswa menjadi mahasiswa, dan selamat menjadi dewasa. Hahaha selamat menjadi dewasa, maksudnya apa tuh? Maksud gue selamat karena kalian sedang menghadapi step berikutnya menuju pribadi yang dewasa, tentunya bukan hanya dewasa secara fisik, tapi juga dewasa secara perilaku, dan dewasa secara berfikir. Dan gue harap di kampus ini kalian dapat lebih memahami bahwa betapa berartinya diri dan kehidupan kalian saat ini.
Oke, saat ini gue mencoba memposisikan diri sebagai kalian mahasiswa baru, pasti kecewa banget, sedih banget, galau banget rasanya ketika apa yang kita impikan untuk berkuliah di UI, UNPAD, ITB, UGM, UNAIR, UNDIP, dll tidak terwujud, bahkan diantara kita pasti ada yg sampai nangis menjerit-jerit, gak semangat hidup, males keluar kamar, bahkan yang lebih ekstrim ada yang sampai mau bunuh diri atau gak mau kuliah. Dan ketika diberi pilihan oleh orang tua untuk masuk universitas swasta, diantara kita pasti ada yang pasrah dan ada yang ngerasa gak terima, kemudian mendesak orang tua untuk tetap masuk ke universitas negeri dengan segala cara. Tapi kenapa gitu? Kenapa harus dipaksakan? , Ketika gue diposisi seperti ini 2 tahun yang lalu, gue gak bakal mau dengerin orang yang berkata-kata seperti ini, kenapa? Karena gue gak terima, gue gak terima kenyataan bahwa apa yang gue impikan selama ini gak terwujud, ditambah lagi ada beberapa tekanan dari keluarga. Tapi setelah gue menjalani kehidupan di kampus ini, gue jadi bisa memahami kenapa gue berada di kampus ini dan gue merasa bersyukur bisa berkuliah di kampus ini ( terlepas dari masalah SPP nya hehehe) .
Kembali ke kata-kata gue diatas “Gak selamanya mutiara-mutiara yang berkilau indah berada disatu kotak yang sama” , apa sih maksud dari kata-kata gue itu?  Gue selalu percaya bahwa kita adalah pribadi-pribadi yang unik dan berbakat, dan karena itu gue mengibaratkan kita sebagai mutiara-mutiara. Selama ini banyak anggapan bahwa mereka teman-teman kita yang berkuliah di universitas negeri adalah yang pintar-pintar, hebat, dll. Padahal kita yang berkuliah di universitas swasta juga gak kalah hebat, gak kalah pintar dari mereka. Tapi memang semua itu kembali tergantung kepada diri kita masing-masing, apakah kita mau untuk berusaha, apa kita mau untuk menggali lebih dalam lagi potensi yang kita miliki, apa kita mau untuk berfikir dan bekerja kreatif dengan segala  keadaan dan keterbatasan yang kita miliki saat ini? , kalau kita memang mau berusaha, mau bersungguh-sungguh, gue yakin kita pasti bisa menjadi mahasiswa yang berhasil, menjadi mahasiswa yang berprestasi, menjadi mutiara-mutiara yang berkilau indah. Tapi kan tetap aja gengsi nya lebih tinggi kalo bisa kuliah di universitas negeri? Coba deh kita pikirin lagi baik-baik, sebenarnya kita dengan masuk universitas swasta aja itu udah beruntung, masih banyak diluar sana teman-teman kita yang gak bisa untuk berkuliah dengan keterbatasan yang mereka miliki, dan lebih beruntung lagi bagi kita yang tetap bisa berkuliah di universitas swasta karena orang tua kita masih mau menyanggupi dan bekerja keras untuk kita agar bisa tetap berkuliah.
Gue juga mengakui, terkadang dalam beberapa hal universitas swasta terasa kurang maksimal , baik dari segi fasilitas, maupun pengajaran. Tapi, kita ini mahasiswa loh sekarang, bukan siswa lagi, kita masih bisa dan memang harus bisa untuk berfikir kreatif, bagaimana caranya untuk menyiasati kekurangan-kekurangan ini. Kita jangan terus-terusan mengeluh dengan keadaan, hendaknya kita bisa mengubah keadaan menjadi peluang untuk berhasil. Di universitas swasta ini, kalian jangan menutup diri kalian dalam kekecewaan dan penyesalan atas impian kalian yang tidak tercapai. Masih banyak yang bisa kalian lakuin kedepannya, kalian harus bisa lebih membuka diri kalian kepada hal-hal positif, berteman dengan banyak orang, tentunya dengan pergaulan yang positif juga, dan berani untuk melangkah maju kedepannya. Kalian gak sendiri kok di kampus ini, ada teman-teman kalian, ada kakak-kakak tingkat (senior) kalian , dan ada gue juga kalo kalian mau curhat banyak hal hehehee.

Mulai saat ini, gue pengen ngajakin kalian untuk sama-sama meluruskan niat, kita kuliah di universitas swasta ini bukan karena kecewa, bukan karena pasrah, tetapi kita kuliah di universitas swasta ini UNTUK MENJADI PRIBADI YANG BERHASIL DIMASA DEPAN. Gue yakin dan percaya kalian masih bisa mewujudkan cita-cita kalian yang terbesar dengan berkuliah di universitas swasta ini, yang penting kalian mau bersungguh-sungguh, mau berfikir kreatif, dan SELALU BERSYUKUR KEPADA TUHAN .

Semoga kalian bisa menjadi Mutiara-mutiara yang berkilau indah untuk INDONESIA.
Selamat Datang Mahasiswa Baru, Lakukanlah Perjuanganmu !!!







Dengan penuh kasih


A. Restianda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar